Memilih Gadget Untuk Si Kecil

Terimakasih sudah berkunjung :)


TAK bisa dipungkiri, saat ini gadget tak hanya digandrungi oleh kalangan dewasa, tetapi juga menjadi barang favorit bagi anak-anak. Tak heran bila kini anak-anak pun sudah akrab dengan barang yang satu ini. Nah sebagai orangtua sebelum membelikan gadget pada anak, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.


Keamanan

Banyak pelajar yang menjadi incaran aksi kejahatan karena membawa gadget yang nilainya jutaan. Ini harus kita jadikan pelajaran. Jangan sampai gadget yang dimilikinya malah mengundang niat jahat

Kemanfaatan

Jangan sampai perabot yang mewah itu kita beli hanya karena perilaku kita yang konsumtif secara ilutif (bernafsu ingin punya saja secara berlebihan) atau karena iri sehingga manfaatnya secara riil tidak ada.

Kepantasan

Ini standarnya adalah lingkungan, pantaskah anak kita misalnya pakai handphone merek tertentu untuk lingkungannya? Untuk anak yang masih sekolah, lebih baik punya gadget atau fasilitas yang sewajarnya ketimbang yang berlebihan.

Efek Mental

Jangan sampai anak kita dengan gadget dan teknologi yang dimilikinya justru kehilangan jatidiri atau terlalu mengandalkan alat. Misalnya tidak mau belajar bahasa setelah kita belikan kamus elektronik.

Efek Perkembangan

Jangan sampai gadget yang dimiliki justru menghambat perkembangan, misalnya jarang berinteraksi langsung dengan kita, semakin jarang menggerakkan badan, asyik dengan teman-temannya di dunia maya, dan lain-lain.