Mourinho: Saya Bukan Orang Munafik


Jose Mourinho mengisi waktu liburannya dengan menjadi narasumber konferensi kepemimpinan di Istanbul. Dia membeberkan sedikit rahasia kesuksesannya di depan para peserta.

"Saya sangat menghargai para pemain saya, mereka selalu tampil lebih hebat di bawah tekanan. Saya tak pernah berhenti mendengarkan mereka karena tanggung jawab saya adalah membuat keputusan akhir."


"Hal terbaik tentang cara kepemimpinan saya adalah saya selalu mendengarkan masukan para asisten dan orang-orang yang berada di bawah perintah saya," jelas pelatih Real Madrid ini.

"Memiliki dua kepribadian? Well, bisa ya dan tidak. Tergantung situasinya. Namun saya bukan orang munafik, saya hanya bertindak berdasarkan situasi."

Mou menjelaskan pengaruh Bobby Robson terhadap karirnya. "Saya memutuskan untuk menjadi pelatih saat Robson memenangkan gelar ke 12-nya. Awalnya saya hanya ingin meraih 13 gelar (untuk melebihi Robson), dan sejauh ini saya sudah memenangkan 19."

"Saya tak pernah melibatkan emosi ketika melihat tim saya bertanding. Saya hanya berusaha untuk fokus."