'Jerman Membuat Kami Tak Bisa Bernapas'

Pelatih Yunani Fernando Santos menerima kekalahan dari Jerman dengan jiwa kesatria.

Yunani tumbang 2-4 di tangan Die Mannschaft, Sabtu (23/6), dan gagal maju ke babak semifinal Euro 2012.

Di laga perempat final itu, Yunani tertinggal terlebih dahulu oleh gol Lahm pada menit 39, tapi mereka berhasil membalas lewat Samaras di awal babak kedua. Setelah itu, berturut-turut Khedira, Klose dan Reus membuat Yunani semakin tenggelam. Tak kenal putus asa sebelum wasit meniup peluit panjang, Yunani pun berhasil mencetak satu gol lagi di penghujung laga lewat eksekusi penalti Salpingidis.


"Saya ingin memberi selamat kepada Jerman," tutur Santos. "Mereka bermain sangat hebat."

"Selain itu, saya juga ingin memberi selamat kepada tim saya sendiri untuk segala upaya yang telah mereka tunjukkan di turnamen ini."

"Jerman sungguh luar biasa. Mereka unggul mutlak dalam hal penguasaan bola sampai-sampai kami tak punya kesempatan untuk bernapas."

"Meski bertahan, kami kebobolan juga. Itu membuat keadaan jadi sulit."

"Saat jeda, saya mengatakan kepada para pemain agar berusaha menciptakan lebih banyak peluang tanpa kehilangan konsentrasi ketika bertahan."

"Sialnya, kami kebobolan gol kedua hanya dalam waktu singkat. Gol itu sukses meruntuhkan semua lini kami," tutup Santos.

Perjalanan Yunani di Piala Eropa pun berakhir sampai sini, sedangkan Jerman maju ke semifinal untuk menghadapi pemenang dari partai Inggris kontra Italia.