Buffon: Hart Bisa Menjadi Kiper Terbaik Dunia

Italia dan Inggris akan saling 'serang' pada laga delapan besar Euro 2012. Pertandingan ini mungkin juga digunakan sebagai ajang pembuktian kehebatan dua kiper beda generasi.

Italia memiliki penjaga gawang yang sudah tidak lagi diragukan kehebatannya. Ia adalah Gianluigi Buffon. Meskipun masa keemasan Buffon bisa dibilang telah lewat, kehebatannya dalam mengawal gawang Italia dan Juventus masih tetap diakui oleh lawan-lawannya.


Dikubu seberang, Inggris memiliki kiper muda berbakat Joe Hart. Pertahanan terakhir asal klub Manchester City ini digadang-gadang akan mampu menggantikan kiper legendaris Inggris, David Seaman. Pasalnya, Inggris masih belum menemukan sosok kiper sekelas Seamen setelah masanya berakhir.

Mengenai kiper muda asal Inggris ini, Buffon memiliki pendapat sendiri. Penjaga gawang berusia 34 tahun ini menyatakan bahwa Hart akan mampu berkembang menjadi kiper terbaik dunia. Selain itu kiper lain yang dianggap memiliki potensi menjadi yang nomor satu adalah Manuel Neuer asal Jerman dan Salvatore Sirigu yang asal Italia.

"Bersama Neuer dan Sirigu, dia bisa menjadi kiper terbaik di dunia," ungkap kiper utama Italia tersebut.

"Perbedaan antara kiper biasa dan kiper hebat adalah atensinya terhadap detail, tidak membuat kesalahan selama satu musim."

Bagi Hart sendiri, Buffon adalah figur idola bagi dirinya dan kiper 25 tahun ini sangat menantikan pertarungan Minggu besok yang akan diselenggarakan di Olympic Stadium, Kiev.