ISL Preview: Persija vs Persib, Macan Kemayoran Diunggulkan

Duel klasik akan kembali tercipta di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sore nanti (27/5). Persija Jakarta yang di atas kertas lebih unggul akan meladeni rival abadi mereka, Persib Bandung, pada lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2011-2012.

Seperti pertemuan yang sudah-sudah partai ini diramalkan akan berlangsung ketat dan panas. Gengsi dan aroma permusuhan abadi menjadi bumbu tambahan laga ini. Rivalitas kedua suporter pun tak panas jika mereka bertemu saja. Di Twitter dua hari lalu, muncul hashtag #PersijaButut yang sempat menjadi trending topic Indonesia. Seru!


Persib memang memenangi pertemuan pertama musim ini melalui gol penalti Miljan Radovic di Stadion Jalak Harupat, Bandung. Tapi, Macan Kemayoran boleh dibilang lebih unggul untuk partai kali ini. Selain dukungan penuh Jakmania di GBK, Persija kini unggul jauh dalam perolehan poin. Mereka sudah mengemas 44 angka dan nangkring di peringkat 4 klasemen sementara ISL. Sementara Maung Bandung terseok di peringkat 8 dengan 35 angka.

Statistik dari duel klasik juga sangat mendukung Persija. Dari 14 kali away ke markas Persija sejak Liga Indonesia pertama, Persib tak pernah menang di Jakarta. Mereka 4 kali meraih hasil seri dan sisanya berujung kekalahan. Persib pernah sekali memenangkan laga tandang ketika melawan Persija dengan skor 1-2, akan tetapi laga away itu berlangsung di Malang.

Yang membuat Persija kian optimis memenangkan laga yang rencananya akan disiarkan live oleh ANTV pada pukul 5:30 WIB nanti ini adalah anak asuh Iwan Setiawan itu sedang onfire usai mengalahkan Pelita Jaya di laga sebelumnya. Dua mesin gol mereka, Pedro Javier dan Bambang Pamungkas juga fit untuk laga ini. Duet ini memang boleh dibilang maut, dari 26 pertandingan yang sudah dijalani di ISL, keduanya sudah mengemas total 26 gol.

Meski begitu, Maung Bandung lantas tak boleh berkecil hati begitu saja. Dengan pengawalan ketat Barracuda ke Senayan sore ini, tim asuhan Robby Darwis itu akan membawa satu pemain yang akan menjadi senjata untuk menghapus tren buruk mereka jika ke Jakarta. Ya, dia adalah Mohd. Noh Alam Shah. Pengalaman pemain yang akrab disapa Along saat menumbangkan Persija bersama Arema di GBK sangat dibutuhkan Persib.

Permainan yang ‘keras’ baik kandang maupun tandang, menjadi ciri khas Along untuk menaikkan moral bertanding timnya bila tertekan. Lebih keras lagi, gelandang tenaga kuda Persib, Hariono, sudah sembuh dari cedera bahunya dan fit untuk laga ini.

Prakiraan Susunan Pemain:
Persija (4-4-2): Galih Sudaryono; Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame, Precious Emuejeraye, Hasyim Kipuw; Amarzukih, Robertino Pugliara; Jeong Kwang Sik, Ramdani Lestaluhu; Bambang Pamungkas, Pedro Javier Velasquez.

Persib (4-4-2): Jendri Pitoy; Zulkifli Syukur, Maman Abdurrahman, Abanda Herman, M. Nasuha; Hariono, Atep, Budiawan, Miljan Radovic; Noh Alam Shah, Marcio Souza.