Sejarah Kaca Batik

Sebetulnya saya bukan seniman, tapi profesi saya di perhotelan. Saya dulu bekerja di kapal pesiar pada tahun 1978. Dalam perjalanan saya 1980 saya dengan kapal M.S ROTTHERDAM keliling dunia. Disaat itu saya memasuki Negara Italia, tepatnya di Venezia.

Memang Indah, yang mana hamper semua kegiatan di kerjakan diatas air. Dari situ saya terinspirasi, betapa mengagumkan semua produk kaca mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Benar-benar saya terkesan. Dan saya bawa beberapa macam souvenir dari sana .Tapi dalam hati tidak mungkin saya meniru dengan tidak memasukan unsur yang jelas. Hanya satu-satunya batik yang tepat, karena itu merupakan warisan nenek moyang kita.


Di saat saya pulang ke Indonesia, saya bertemu dengan teman-teman seniman di Solo. Untuk mencoba bagaimana kaca bias di batik. Dengan melalui proses yang panjang akhirnya saya menemukan cara  untuk bisa membatik diatas kaca. Seperti yang kita lihat sekarang, berbagai produk Kaca batik telah saya produksi.

Naryo Yudhistira